Monday, December 18, 2017

Umar Ibn Khattab Memperbolehkan Orang Yahudi Pulang ke Yerusalem



Setelah ini orang-orang Yahudi mengirimkan (kabar) pada sisa (orang Yahudi di) Yerusalem. Mereka (orang-orang Yahudi lain) mengirimkan (kabar) kepada mereka (orang Yahudi di Yerusalem), mengatakan: "Berapa jumlah orang yang boleh pindah ke Yerusalem?" 
Jadi mereka menghadap Umar dan berkata padanya: "Berapa yang engkau perintahkan, hai pemimpin orang beriman, yang diperbolehkan pindah ke kota orang-orang (Ta' ifat) Yahudi? " 
Umar menjawab: "(aku akan mendengar) kata-kata lawanmu, kemudian kau bicara, dan setelahnya aku akan berkata menghilangkan perselisihan di antara kamu." 
Kemudian ia memanggil Uskup dan rekan-rekannya dan mengatakan pada mereka: "aku telah setuju pada mereka (yang tinggal) dibagian reruntuhan kota. Akan ada perpindahan ke sini berapapun yang engkau terima." 
Sang Uskup berkata:"Mereka yang mau pindah dengan keluarga dan anak-anak harus hanya lima puluh keluarga, " yang dijawab para Yahudi: "Kami tidak kurang dari dua ratus keluarga". 
Dan negosiasi terus berlangsung di antara mereka hingga Umar mengusulkan tujuh puluh keluarga dan mereka sepakat atasnya. Kemudian ia berkata: "Di bagian mana kalian akan tinggal?" Dan mereka menjawab: "Di kota sebelah selatan" yaitu pasar para Yahudi karena tujuan mereka agar dekat dengan tempat suci dan gerbangnya dan mata air Silwan untuk upacara membenamkan diri. 
Pemimpin orang beriman mengizinkan mereka dan lalu dari Tiberias sekitar tujuh puluh keluarga pindah bersama wanita-wanita dan anak-anak dan membangun rumah-rumah yang dahulu pernah diruntuhkan bergenerasi-generasi hingga tua.

Diterjemahkan bebas dan ngasal dari kutipan Geniza yang ada di "Seeing Islam as Others Saw It: A Survey and Evaluation of Christian, Jewish, and Zoroastrian Writings on Early Islam" yang disusun Robert G. Hoyland (muridnya Patricia Crone).

Sumber Geniza ini relatif belakangan, mungkin bisa dicurigai turunan dari sumber Muslim tetapi Hoyland berpendapat bisa juga sebaliknya. Adanya detail jumlah keluarga yang pindah kemungkinan diturunkan dari catatan-catatan komunitas Yahudi dari kota tersebut.
sumber foto: http://cojs.org/28857-2/

0 comments: